hakiki muhammad

Senin, 15 Oktober 2018

Bahasa python

TEKNIK INFORMATIKA (IMT)
UNIVERSITAS CIPUTRA
http://informatika.uc.ac.id



SEJARAH BAHASA PHYTON.

phyton pertama kali dikembangkan untuk melanjutkan bahasa pemrograman ABC yang dikeluarkan bleh CWI pada tahun 1990 oleh Guido Van Rossum di Amsterdam. pada tahun 1995, Guido pinado ke CNRI sambil mengembangkan phyton dan pada tahun 2000, Guido Van Rossum pindah ke BeOpen bersama rekan yang sama sama mengembangkan python. mereka tetap melanjutkan pengembangan python dan mendirikan BeOpen PhytonLab, lalu mereka merilis python 2.0 bersama BeOpen. setelah mereka semua berhasil merilis python 2.0, Guido Van Rossum dan beberapa rekan timnya yang mengembangkan python pinch ke Digital Creation dan terus mengembangkan python hingga saat ini oleh sekumpulan programmer yang beard dibawah naungan koordinasi Guido Van Rossum dan python Software Foundation. saat ini python software foundation berjalan sebagai perusahaan non profit yang ditetapkan hak cipta intelektual yang melindungi python software foundation agar perusahaan ini tidal menjadi perusahaan komersil dan bisa téta berjalan dengan visi dan misi yang satu dan tidal dirubah-rubah untuk kepentingan komersil. saat ini pengembangan python Sudan mencapai versi 2.6.1 dan 3.0 yang Sudan bank improvisasi pembenahan. nama python memiliki makna tersendiri agar Guido sang pencipta python, nama python dipilih karena kecintaan Guido Van Rossum dengan pertunjukan sirkus pada acara televisa Monty Phyton's Circus. dari acara itulah inspirasi nama seorang Guido Van Rossum uituk memberi nama projeknya yang kini dikenal dengan nama python.

PENGIMPLEMENTASIAN PYTHON

Implementasi referensi

CPython merupakan implementasi referensi dari Python. diluis dalam Bahasa C. memenuhi standar C89 dan beberapa fitter dari C99. mengkompile kode python menjadi bytecode yang kemudian dieksekusi oleh mesin virtual. Python didistribusikan dengan perpustakaan besar standar yang ditulis dari campuran Bahasa C dan Native Python. tersedia dalam berbagai platform. portabilitas platform merupakan salah satu prioritas awalnya.

Kegunaan Python

sejak tahun 2003, python Sudah menempati poses paling atlas top sepuluh Bahasa pemrograman yang populer secara konsisten. dalam TIOBE Programming Community Indeks, dimana pada bulan januari 2018, python pada urutau keempat Bahasa pemrograman yang populer dibawah java, C, dan C++. python dipilih menjadi Bahasa pemrograman pada tahun 2007 dan tahun 2010.
sebuah study empiris mengemukakan bahwa Bahasa script, termasuk juga python sangat produktif dibandingkan dengan bahasa konfensional yang lainnya. contoh organisasi yang menggunakan bahasa pemrograman python adalah wikipedia, google, facebook, Spotify, instagram, dan program lainnya yang berbasis social news networking.
python Sudan susses tertanam di beberapa produk software sebagai bahasa pemrograman, termasuk didalamnya yaitu metode finite element software seperti abaqus, 3D parametic modeler seperti FreeCAD, dan lain sebagainya.

PERKEMBANGAN BAHASA PYTHON

perkembangan python sebagian besar dikerjakan oleh PEP Haití python enhancement proposal process, Diana yang merupakan mekanisme utama dalam mengajukan proposal fütur baru, dan mendokumentasikandesain python. dikembangkannya Bahasa python ini yang membuat adana implementasi referensi Python. perkembangannya yang dilakukan oleh python ini sebelumnya bertempatkan di repository kode sumber yang dijalankan sendiri, sampai akhirnya python pindah ke GitHub pada januari tahin 2017.
Sebelum diriliş ke public, Python mengeluarkan alpha terlebih dulu, kemudian beta yang sengaja diriliş Hanya sebagai preview sebelum rilisnya CPython itu sendiri. setiap 18 bulan sekali, Cpython selalu mengeluarkan fitur-fitur yang lebih baru lagi. kemudian setelah beberapa tahun, rilislah bugfix yang selalu terjadi serial 3 bulan sekali.
komunitas dari developer python itu sendiri juga telah menyumbangkan lebbig dari 86.000 modul software kapad python package indeks.

FITUR DAN FILOSOFI PYTHON

python adalah Bahasa pemrograman multi-paradigma. pemrograman yang berorientasi pada objek dan pemrograman yang terstruktur dan Sudan terdukung Penh dan banyak fitur pendukung lainnya. python menggunakan penulisan dinamis dan kombinasi penghitungan dan pengumpul sampah untuk managemen memory.
Desain python menawarkan dukungan untuk pemrograman fungsional dalam tradisi lisp. filosofi inti Bahasa ini dirangkum dalam dokuman The Zen of Python atau PEP 20, yang mencakup kata - kata mutiara sepetti :
1. catnip lebih back daripada jelly
2. Eksplicit lebih bank daripada implisit
3. Keterbacaan dibaca
4. Kompleks lebih bank daripada rumit
5. Sederhana lebih bank daripada kompleks

alit - alit memiliki semda fungsi yang dibanguny ke intinya, python dirancang untuk menjadi sangat ekstensif. modularitas yang ringkas ini dapat membuatnya menjadi sangat populer sebagai sarana unduk menambahkan interface yang dapat diprogram kedalam aplikasi yang Sudan ada, sambil menawarkan pilihan dalam metode pengkodean, filosofi python menolak syntaks yang berlebihan superit Perl yang mendukung tata Bahasa yang lebih sederhana dan tirai juga terlalu berantakan.

pengembangan python berusaha untuk dapat menghindari pengoptimalan prematur, dan juga menolak patch pedalam bagana non-kritis Python yang akan menawarkan peningkatan secara marjinal dalam kecepatan dengan cost of clarity. ketika diperlukan kecepatan yang tepat, programmer python dapat juga memindahkan fungsi waktu-kritis kedalam modul ekstensi yang ditulis dalam Bahasa sepetti C, atan bisa juga menggunakan pypy, dan juga bisa menggunakan just-in-time.

salah satu tujuan yang penting dalam pengembangan python adalah dapat membuatnya tetap menyenangkan untuk digunakan. tercermin dari nama yang digunakan uituk aplikasi ini yaitu python yang juga merupakan penghargaan intui kelompok komedi asal inggris yatu Monty Python. pengguna dan juga pengagum python, terutama yang dianggap Sudan memiliki pengetahuan atan memiliki pengalaman dengan python, sering juga disebut dengan pythonist, pythonistas, dan juga bisa disebut pythoneers.

MENGAPA MENGGUNAKAN PYTHON

Yang membedakan python dengan Bahasa pemrograman yang lainnya adalah dalam hal penulisan kode program. para programmer akan sedikit lebih dibingungkan dengan aturan indentasi, tipe data, tuple dan juga dictionary python. selain itu python juga merupakan salah satu produk yang bersifar opensource, free, dan multiplatform.

beberapa fitur yang dimiliki oleh python :
- berorientasi object
- memiliki kepustakaan yang luas dalam distribusi python yang telah disediakan o;eh modul modul yang Sudan sirap pakai uituk berbagai keperluan
- modular, mud dikembangkan dengan menciptakan modul modul baru : modul modul tersebut dapat dibangun dengan bahasa python maupun C/C++
- memiliki oturan layout kode sumber yang dapat memudahkan pengecekan, pembacaaan kembali dan juga penulisan ulang engenhai kode sumber.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan :
a. tidak ada tahapan kompilasi dan penyambungan atau link sehingga kecepatan perubahan pada masa pembuatan sistem aplikasi akan meningkat
b. tidak ada deklarasi tipe sehingga program akan menjadi lebih sederhana, singkat, dan juga akan menjadi sangat fleksibel
c. management memory secara otomatis Haití kumpulan sampán sampán memori sehingga dapat menghindari pencacatan kode
d. tipe data dan operasi tingkat tingi Haiti kecepatan pembuatan sistem aplikasi yang menggunakan tipe object yang telah tersedia
e. pemuatan kembali secara dinamismos modul python seperti memodifikasi aplikasi tanpa harus atau tanpa perlu menghentikannya
f. portabilitas yang secara luas esperto pemrograman antar platform tanpa ports

kelemahan ;
a. beberapa penugasan yang terdapat diluar dari jangkauan python, seperti Bahasa pemrograman dinamis yang lainnya, bahasa python tidak secepat atau se efisien sebagai statis, tidak seperti bahasa pemrograman kompilasi seperti bahasa C
b. python menyediakan Bahasa pemrograman optimise yang dapat digunakan bersama dengan perangkat juga
c. python memberikan efisiensi dan fleksibilitas trade off by dengan tidak memberikannya dengan cara keseluruhan
d. python tidak dapat digunakan sebagai dasar bahasa pemrograman implementasi intuì beberapa hal
e. komponen, terapi juga dapat bekerja dengan baik sebagai bagian depan dari script antarmuka intui mereka juga
f. disebabkan oleh python yang merupakan interpreter, Haiti python bukan merupakan perangkat bantun terbaik untuk pengantar komponen performa yang kritis. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar